PELATIHAN LINMAS DESA SIDETAPA

SidetapaRepot 19 Juli 2018 12:17:19 WITA

Sidetapa, Rabu,18 Juli 2018 Bertempat di Lapangan Sekoklah SD No 1 Desa Sidetapa melaksanakan  Pelatihan kepada SatLinmas Desa Sidetapa Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng

Pelatihan SatLinmas Desa Sidetapa ini yang dilaksanakan dengan latihan Baris Berbaris yang dilaksanakan oleh sekretaris Desa dalam memberikan arahan dan teori gerakan PBB dan sebelumnya Pelatihan PBB Satlinmas Desa Sidetapa Dilatih Oleh Babinsa Putu Surah Madi bertujuan agar para anggota Linmas ini memiliki sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa persatuan, rasa disiplin, dan rasa tanggung jawab serta dapat dipercaya. Serta bermanfaat bagi anggota linmas yang bisa didapat dari baris berbaris antara lain, Melatih daya konsentrasi,Belajar tentang solidaritas tim, Belajar mendengar dan patuh dan Belajar untuk diam dan mengatur emosi. 

Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. Istilah Linmas yang merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat telah mengalami distorsi pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yaitu fungsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip. 

Kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan teritorial sehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/ Kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya, Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan PEMBINAAN TERITORIAL (BINTER) di wilayah pedesaan/kelurahan.  

Kegiatan tersebut bertujuan mendidik dan melatih disiplin para Linmas tersebut sehingga anggota Linmas dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga Linmas sebagai bagian masyarakat dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam Penanaman Disiplin Dan Semangat Bela Negara. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Aparatur Desa

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

panspage

Kalender Bali

musik

Lokasi Sidetapa

tampilkan dalam peta lebih besar