Ekowisata dalam pencapaian ekonomi berkelanjutan

OperatorSID 16 Agustus 2018 08:54:14 WITA

Ekowisata adalah kegiatan wisata yang bertanggung jawab terhadap alam, memberdayaan masyarakat, meningkatkan kesadaran lingkungan. Konsep utama ekowisata adalah memadukan tiga komponen penting yaitu konversi alam, memberdayaan masyarakat lokal dan meningkatkan kesadaran lingkungan hidup. Berdasarkan tiga komponen tersebut dapat dikaji dalam kaitannya untuk pembangunan berkrlanjutan yang bermuara pada peningkatan taraf ekonomi masyarakat. Kajian tersebut sebagai berikit:

  1. Komponen konversi alam: konversi alam merupakan salah satu jalau untuk melestarikan alam di sekitar kita. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai peratuaran yang bertujuan untuk menjaga alam ini dari kerusakan. Cara konversi ini dapat menekan angka kerusakan alam yang ada disekitar kita. Dalam pengertiannya konversi itu bearti mengubah sesuatu menjadi lebih baik lagi. Jika dikaiktaan dengan alam, maka konversi alam tersebut adalah memanfaatkan alam dengan mengubahnya dengan sesuatu yang lainnya tanpa merusak alam itu sendiri. Jika hal ini dikaitkan dengan wisata berkelanjutan, cara ini sangat bagus. Hal ini didasrkan pada jika kita terus menerus melahkukan perbaikan maka selanjutnya kita dapat menikmati apa yang kita jaga, inilah yang disebut berkelanjutan.
  2. Pemerdayaan masyarakat Lokal: Komponen pemerdayaan masyarakat sangat erat kaitannya dengan kehidupan berkelanjutan. pemerdayaan masyarakat lokal dalam kepariwisataan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengelola wiata yang dimiliki. Salah satu contoh nya adalah kerajinan tangan. Kerajian sangat erat kaitanya dengan sektor pariwisata. Kerajian menjadi salah satu sovenir atau oleh-oleh jika para wisatawan berkunjung ke tempat wisata yang kita miliki. Sudah pasti barang yang dijual harus memiliki kualitas yang berkelas demi kepusan pelanggan. Disinilah peran pemerdayaan kepada masyarakat agar mampu mengembangkan yang biasa menjadi luar biasa. Kerajinan yang awalnya biasa saja jika dioleh dengan hal yang inovatif dan kreatif akan membuat barang menjadi lebih berharga. Dengan demikian secara tidak langsung dapat meningkatkan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.
  3. Meningkatkan kesadaran lingkungan hidup: kesadaran untuk menjaga lingkungan hidup berkaitan sangat erat dalam menuju kehidupan yang berkelanjutan. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menjaga lingkungan kita adalah kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Sampah menjadi masalah serisus dewasa ini terutama sampah plastik. Jika ingin lingkungan bebas dari sampah plastik berawal dari kesadaran. Salah satu komponen penting dalam wisata adalah kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan bermuara pada kenyamanan. Jika wisatawan nyaman maka mereka akan betah tinggal di tempat kita dan akan banyak belanja. Hal tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan pemasukan kita dalam sektor ekonomi kepariwisataan. Berdasarkan kajian tersebut dapat dikatakan bahwa ekonomi berkelajutan dapat dicapai jika masyarakat mampu meningkatkan kesadaran lingkungan hidup.
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Aparatur Desa

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

panspage

Kalender Bali

musik

Lokasi Sidetapa

tampilkan dalam peta lebih besar