RIF ( Responsive Innovation Fund) BULELENG ADAKAN WORKSHOP III KELEMBAGAAN BUMDESMA BALIAGA

25 Maret 2021 10:49:49 WITA

RIF ( Responsive Innovation Fund) merupakan lembaga kerjasama antara Pemda Buleleng Dengan Pemerintahan Kanada dalam pengembangan Ekowisata di kawasan Baliaga. Baliaga SCTPB (Sidetapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa dan Banyusri) merupakan salah satu kawasan pariwisata yang ada di kabupaten Buleleng. Kawasan ini telah sah secara hukum sejak tahun 2017 dengan SK Bupati Buleleng. Kawasan ini memiliki komitmen bersama dalam mengembangkan potensi ekowisata yang dimiliki. Komitmen ini terbukti dari dibentuknya Bumdes Bersama dikawasan SCTPB ini. Bumdesma ini dibentuk pada tahun 2019 dengan tujuan dapat menjadi wadah dalam pengembangan Pariwisata di kawasan baliaga. RIF ( Responsive Innovation Fund) yang dikomandoi oleh A Wicaksana, Memberikan suport dalam mengembangan semua lini wisata dengan tujuan ekowisata kawasan Baliaga dapat berkembang pesat dan menjadi Wisata unggulan di Bali Utara. 

RIF ( Responsive Innovation Fund) Buleleng mengadakan WORKSHOP III KELEMBAGAAN BUMDESMA BALIAGA serta mendatangkan narasumber yang expert dalam bidang kelembagaan Bumdesma. Kegiatan ini dilaksanan di Ruang rapat kantor camat Banjar dengan menghadirkan, Perbekel SCTPB, BPD SCTPB, Ketua Pokdarwis, Pengurus Bumdesma Baliaga. Kegiatan yang dibuka oleh camat banjar ini turut dihadiri oleh perwakilan Dinas PMD kabupaten Buleleng sebagai lembaga yang ikut mensuport dalam regulasi pembuatan kebijakan di Desa. Narasumber memberikan masukan agar Setiap desa SCTPB memberikan dukukan modal untuk Bumdesama agar dapat berjalan. Untuk dasar hukum Bumdesma sudah diatur dalam PP  NO. 11 Tahun 2021. 

Semoga dengan diadakannya Workshop ini, Desa se SCTPB dapat mengambil kebijakan yang tepat guna mengembangkan Ekowisata desa yang bermuara pada kemajuan pariwisata Buleleng. 

Komentar atas RIF ( Responsive Innovation Fund) BULELENG ADAKAN WORKSHOP III KELEMBAGAAN BUMDESMA BALIAGA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Aparatur Desa

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

panspage

Kalender Bali

musik

Lokasi Sidetapa

tampilkan dalam peta lebih besar