Sejarah Singkat Desa Sidetapa

31 Januari 2017 19:18:39 WITA

https://balisidatapa.files.wordpress.com/2012/05/sidatapar.jpg

Desa Sidetapa adalah Desa Tua / Desa Bali Aga, diperkirakan Desa Sidetapa mulai didirikan pada tahun 785, dengan penduduk pendatang dari : Sektor Daerah Batur dari Daerah Dauh Toro Ireng dan Daerah Jawa pengikut Rsi Markandea, namun secara pasti bahwa sidetapa penduduknya berkasta Pasek, Patih, Batur.

Adapun pendududk Desa Sidetapa pada waktu itu terdiri dari 3 kelompok :
1. Kelompok yang menamakan dirinya warga Pasek yang mendiami wilayah Leked
2. Kelompok yang menamakan dirinya warga Patih yang mendiami wilayah Desa Kunyit.
3. Kelompok yang menamakan dirinya warga Batur yang mendiami wilayah Sekarung dan semuanya ada di wilayah Desa Sidetapa, yang mana Desa Sidetapa dulunya bernama Desa Gunung Sari Munggah Tapa.
Mengenai sejarah terjadinya Desa Sidetapa sampai saat ini belum ada prasasti yang menunjukan dengan jelas dan hanya dapat diketahui melalui penuturan tetua Desa Sidetapa namun dapat disimpulkan bahwa Desa Sidetapa merupakan Desa Bali Aga atau Bali Mula, Mengingat adanya satu dadia yang belum dapat ditunjukkan dari mana asal usul leluhurnya seperti dadia lainnya yang sudah ada asal usulnya.tetapi karna tidak ada prasasti yg mendukung maka keberadaan warga sidatapa lebih tepat di sebut BALI AGA; BALI=BALI,,AGA=GUNUNG(Orang bali yg ada di gunung) entah itu bali majapahit/ bali asli,,, yg jelas Desa sidatapa mempunyai keunikan sendiri yang perlu kita lestarikan bersama

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Aparatur Desa

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

panspage

Kalender Bali

musik

Lokasi Sidetapa

tampilkan dalam peta lebih besar