Gelar Pelatihan Kerajinan Bambu, PLN UID Bali Dukung Peningkatan Kapasitas UMKM

SidetapaRepot 05 Maret 2021 11:51:10 WITA

     Sidetapa (18/2) – PT PLN (Persero) UID Bali melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli bersama English Corner Community (ECC) memberikan pelatihan kerajinan bambu yang dilaksanakan di rumah produksi Bamboo Corner, Desa Sidetapa, Buleleng.
Manager PLN ULP Singaraja Ida Bagus Darma Yudanta dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PLN kepada masyarakat dalam membantu peningkatan perekonomian di masa pandemi Covid - 19.
     “PLN berkomitmen untuk mendukung peningkatan kapasitas UMKM, sehingga diharapkan pelatihan ini dapat bermanfaat dan menjadi peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi yang ada sekaligus mampu membuka peluang sumber – sumber pendapatan yang berkelanjutan,” kata Yudanta.
Pihaknya juga mengungkapkan bahwa PLN, pada September 2020 lalu, telah memberikan bantuan TJSL kepada Bamboo Corner senilai 20 juta rupiah yang digunakan untuk pembangunan rumah produksi dan pembelian peralatan mesin listrik pengolahan bambu serta peralatan pendukung listrik.
“Melalui bantuan mesin ini, kami turut mengedukasi masyarakat agar dapat memanfaatkan penggunaan energi listrik dalam kegiatan sehari – hari maupun kegiatan usahanya, karena dibandingkan dengan energi fosil seperti BBM, listrik jauh lebih bersih dan efisien,” terangnya.
      Dalam pelatihan ini turut hadir Kepada Desa Sidetapa Ketut Budiasa yang menyampaikan apresiasinya atas bantuan yang diberikan melalui PLN Peduli. Alat mesin listrik yang sebelumnya telah diberikan oleh PLN ini menurutnya akan mampu meningkatkan hasil produksi pengrajin bambu di Sidetapa. Dirinya juga berharap pelatihan yang terselenggara hari ini mampu meningkatkan keterampilan pengrajin bambu.
“Mudah – mudahan hasil produknya nanti mampu memenuhi ekspektasi pasar lokal maupun internasional,” jelas Budiasa.
Pelatihan yang diikuti oleh 20 orang dari 3 dusun mendatangkan Ketua APIK (Asosiasi Pengrajin Industri Kecil) Buleleng Drs. Nyoman Sudana sebagai narasumber.
Sudana mengenalkan bambu dan kegunaannya yang dapat dimanfaatkan untuk kerajinan sehingga bernilai jual tinggi.
“Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, pengrajin harus mengenali dulu bagian – bagian bambu yang dapat dimanfaatkan untuk kerajinan.
Selain itu memahami teknik dasar pengolahan bambu juga menjadi pengetahuan yang wajib dimiliki pengrajin,” jelasnya.
Selama kegiatan berlangsung, peserta nampak antusias, hal ini terlihat pada produk – produk yang dihasilkan saat itu juga memiliki kualitas yang baik. Produk yang dihasilkan antara lain set meja kursi bambu, tumblr, gelas, tempat alat tulis, keranjang parsel, asbak dan tempat lampu dinding.
Sumber: Bamboo Corner Handicraf

Komentar atas Gelar Pelatihan Kerajinan Bambu, PLN UID Bali Dukung Peningkatan Kapasitas UMKM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Aparatur Desa

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

panspage

Kalender Bali

musik

Lokasi Sidetapa

tampilkan dalam peta lebih besar