Kondisi Umum Desa

31 Januari 2017 19:19:07 WITA

DATA UMUM

  

 

  1. Pulau Bali merupakan salah satu destinasi dan tujuan wisata di Indonesia khususnya dan dunia umumnya. Selain kental denganbudaya dan tradisi hindu yang melekat, serta tempat-tempat yang terkenal seperti kuta, ubud, sanur, danau beratan, uluwatu dan sebagainya. Bali juga masih menyimpan  tradisi, budaya serta tempat menarik yang masih jarang diketahui banyak orang orang.

    Salah satunyaadalah desa sidatapa baliaga yang terletak di kecamatan banjar kabupaten buleleng bali.Desa sidatapa adalah salah satu desa tua atau baliage yang masih bertahan walau dimakan jaman. Letak geografis desa sidatapa merupakan perbukitan dengan ketinggian 450 meter diatas permukaan laut dan memiliki luas wilayah sekitar 965,43 Ha. Disanding oleh empat desa penyanding yaitu sebelah utara Desa Tampekan  sebelah timur  Banjar Dinas Corot Desa Cempaga, sebelah seletan Desa Cempaga Sebelah Barat Banjar Dinas Pegentengan Desa Banjar.

    Selain memiliki keindahan alam yang sejuk, serta budaya dan tradisi yang tak kalah unik dan menarikdengan tempat di bali pada umumnya. Desa sidatapa juga memiliki beberapa peninggalan sejarah yang masih berdiri danbertahan hingga saat ini, salah diantaranya adalah rumah adat kuno atau masyarakat sidatapa menyebutnya dengan bale gajah tumpang salu. Rumah adat kuno ini merupakan salah satu peninggalan rumah adat tertua di bali, yang berdiri sekitar tahun 785 masehi.

    Hal unik dan menarik lainnya di desa sidatapa adalahumumnya masyarakat didesa ini merupakan pengrajin kerajinan anyaman bambu khas sidatapa, yang dihinggamenembus pasar internasional. Disamping itu ada juga tari-tarian dan ritual khas desa sidatapa yang sulit anda temukan di tempat atau desa lainnya dibaliseperti tari rejang, tari jangkrang, tari ngabuang, ritual sang hiyang gandrung, pengabenan tradisional dan sebagainya.

    Diharapkan dengan adanya booklet ini dapat memberikan informasi  dan wawasan bagi para pembaca dalam mengenal peninggalan budaya dan tradisi yang berada didesa sidatapa. Sehingga berdampak positif bagi masyarakat luas. Khuusnya masyarakat desa sidatapa, dan umumnya masyarakat bali.

    Luas wilayayah desa sidatapa:965,43 Ha, yang mempunyai batas wilayah:
    a.sebelah Utara     : Desa Tampekan
    b.Sebelah Timur    : Br. Dinas Corot Desa Cempaga
    c.Sebelah Seletan  : Desa Cempaga
    d.Sebelah Barat     : Br. Dinas Pegentengan Desa Banjar

    Desa Sidetapa terdiri dari 3 (Tiga ) Dusun yaitu :

    a. Banjar Dinas Dajan Pura
    b. Banjar Dinas Delod Pura
    c. Banjar Dinas Lakah

     

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Aparatur Desa

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

panspage

Kalender Bali

musik

Lokasi Sidetapa

tampilkan dalam peta lebih besar